Atribut PWRI

ATRIBUT  PWRI

PWRI memiliki Atribut berupa : Lambang, Pataka, Bendera, Lencana dan Pakaian seragam organisasi.

a. Lambang
Diciptakan  atas permintaan rekomendasi Kongres PWRI II Tahun 1965 dan    diterima sebagai Lambang PWRI dalam Kongres PWRI III Tahun 1971 dan dikukuhkan oleh Kongres PWRI IV Tahun 1975.

Makna Lambang :
1) Bentuk Lambang merupakan segi lima
2) yang berarti Pancasila dan dasarnya berwarna merah berarti progresivitas.

Dari dalam segi lima dilukiskan pending (band) yang berwarna emas dengan kata-kata : “Tata Tenteram Karta Raharja”. Pending emas diatas merupakan batas Negara R.I. yang indah permai diikat dalam bentuk kesatuan.
3) Warna biru adalah lambang Lautan yang berarti Negara Indonesia yang melambangkan suatu Negara yang penduduknya berjiwa besar dan suka saling maaf-memaafkan atas segala kekeliruan dan kealpaan.

b. Pataka
Pataka adalah bendera berisi semboyan dan atau lambang sebagai tanda kedaulatan, kekuasaan atau hak hukum dari suatu kesatuan Organisasi atau Lembaga, biasanya terbuat dari sehelai kain berukuran tertentu, memakai warna-warna dan lambang atau lukisan yang mempunyai arti sesuai dengan tujuan pembuatan Pataka itu.

Pataka PWRI dimaksudkan sebagai tanda kebesaran organisasi Persatuan Wredatama Republik Indonesia, dan digunakan pada Upacara Kebesaran seperti peringatan Hari Ulang Tahun berdirinya PWRI, Upacara Pelantikan dan atau Pengukuhan Pengurus, untuk menyertai kegiatan-kegiatan formal.

c. Bendera
Bendera sebagai tanda kedaulatan suatu Organisasi  terbuat dari sehelai kain berukuran tertentu, memakai lambang yang mempunyai arti sesuai dengan tujuan pembuatan Bendera tersebut.

Bendera PWRI dimaksudkan sebagai tanda Organisasi Persatuan Wredatama Republik Indonesia, dan digunakan pada Upacara seperti peringatan Hari Ulang Tahun berdirinya PWRI, Musyawarah Nasional atau Musyawarah Daerah, Acara Pengukuhan Pengurus, untuk menyertai kegiatan-kegiatan formal.

d. Lencana
Lencana PWRI adalah suatu tanda dari logam, yang dipasang di dada sebelah kiri, sebagai tanda anggota dari Persatuan Wredatama Republik Indonesia. Pemakaian Lencana ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa para pemakainya adalah para pensiunan yang terhimpun dalam PWRI sebagai wadah perjuangan untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan luhur seperti tersirat pada Lambang PWRI.

Lencana PWRI terdiri atas dua komponen yang merupakan unsur-unsur tak terpisahkan dari Lencana, yaitu :
1) Lambang PWRI
2) Identitas dalam bentuk tulisan PWRI dalam suatu kotak segi panjang di bawah Lambang tersebut.

e. Pakaian Seragam
Pakaian seragam PWRI adalah batik yang ditetapkan dengan Keputusan Pengurus Besar PWRI dan disahkan Musyawarah Nasional PWRI.
Dalam rangka penyegaran dan dinamisasi, pembinaan, semangat korsa   organisasi telah ditetapkan penggunaan Atribut pakaian seragam PWRI adalah batik yang baru berdasarkan Keputusan Pengurus Besar PWRI No. 021/PB/2012 tanggal 30 Juli 2012.   

Tags: 

About Author

PWRI Network
Persatuan Wredatama Republik Indonesia - (PWRI)