Home Profile Fuad Bawazier, Politikus Pengayom PWRI

Fuad Bawazier, Politikus Pengayom PWRI

Nama Lengkap : Dr. Fuad Bawazier M.A., Ph.D. (Ekonomi)

Alias : Fuad

Agama : Islam

Tempat Lahir : Tegal, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Senin, 22 Agustus 1949

Zodiak : Leo

Warga Negara : Indonesia

Biografi

Fuad Bawazier adalah seorang politikus dan mantan menteri yang masih aktif di dunia politik. Lahir pada 22 Agustus 1949 di Tegal, Jawa Tengah, pria berkaca mata ini memulai karir profesionalnya tepat setelah lulus kuliah dengan menjadi asisten dosen di Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada. Tingginya semangat Bawazier di dunia politik dan ekonomi secara bertahap namun pasti membawanya masuk menjadi jajaran orang terkemuka di Departemen Keuangan. Dedikasi dan komitmen pria yang nantinya bakal dikenal sebagai salah satu ekonom kondang Indonesia ini membuat pucuk pimpinan Departemen Keuangan saat itu memberi Bawazier amanat untuk menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak pada salah satu lembaga paling vital di pemerintah Indonesia tersebut. Alumnus Universitas Gajah Mada ini berhasil mengukir sejarah dengan menduduki posisi tertinggi di lembaga finansial pemerintah tersebut sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia ke-19, sekaligus sebagai yang terakhir sepanjang rezim orde baru kepemimpinan mantan Presiden Soeharto (1988).

Di akhir masa orde baru, pria yang mengambil gelar doktornya di University of Maryland, Amerika Serikat ini kemudian bergabung dengan tokoh reformasi Amien Rais dari Partai Amanat Nasional. Pengalamannya selama masa Orde Baru membuat Bawazier mampu memberikan kontribusi besar dalam menghidupkan partai tersebut dan membuatnya dianggap sebagai salah satu tokoh reformis yang berhasil. Pemegang gelar Doktor untuk bidang Ekonomi ini memang telah dikenal sejak masih muda ini sebagai salah satu aktivis organisasi. Beberapa organisasi yang pernah diikuti Bawazier antara lain Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Korps Alumni HMI (KAHMI, pernah menjabat ketua), organisasi profesi Ikatan Akuntan Indonesian (IAI), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), YPI Al-Azhar Jakarta, Pengurus Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, serta Ketua Persahabatan Indonesia-Malaysia (Prima).

Selama berkiprah bersama PAN, Bawazier berhasil memperoleh jabatan sebagai Anggota MPR-RI sebagai wakil Partai Amanat Nasional (1999-2004) dan Anggota DPR-RI dari Partai Amanat Nasional (2004-2009). Pria yang sempat dicalonkan sebagai Ketua Umum PAN ini mulai melihat runtuhnya kekuatan pasca kepemimpinan Amien Rais dan kemudian membentuk partai baru yang hingga kini dipimpinnya, Partai Hanura.

Pendidikan

  • S3 (doktor) ekonomi University of Maryland, Amerika Serikat.
  • S1 FE UGM.

Karir

  • Anggota DPR-RI dari PAN (2004-2009)
  • Anggota MPR-RI dari PAN 1999-2004
  • Menteri Keuangan Indonesia Kabinet Pembangunan VII, 16 Maret 1998–21 Mei 1998
  • Dirjen Pajak Depkeu
  • Asisten dosen FE UGM
  • Ketua Persahabatan Indonesia-Malaysia (Prima).
  • Ketua Pengurus Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya 2002-2007.
  • Pengurus YPI Al-Azhar Jakarta.
  • Ketua DPP Partai Amanat Nasional.
  • Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).
  • Ikatan Akuntan Indonesian (IAI).
  • Ketua Korps Alumni HMI (KAHMI).
  • Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).
  • Pelajar Islam Indonesia (PII).

Sumber : merdeka.com

Must Read

Silaturahmi Akbar PWRI Kota Mataram Bersama Walikota Mataram

https://www.youtube.com/watch?v=qWd3Gin6oCY

Bupati Agam Minta PWRI Tetap Berperan Aktif Dalam Pembangunan Daerah

Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM menghadiri HUT Persatuan Wredatama Republik Indonesia  (PWRI) ke-60 di Villa Arwan Koto Hilalang, Kecamatan Ampek Angkek, Rabu...

PB PWRI Menerima PWRI Kota Gunung Sitoli Sumatera Utara

Pada hari kamis tanggal 15 September 2022, Ketua Umum PB PWRI beserta Sekjen dan jajarannnya menerima tamu PWRI Kota Gunung Sitoli Sumatera Utara.

Acara Pembubaran Panitia HUT ke-60 PWRI

Acara Pembubaran Panitia HUT ke 60 PWRI yang diikuti Panitia yang terlibat tanggal 14 September 2022 ...