Home Berita Umum Internasional Rayakan Hari Raya Idulfitri, Muslim Italia Tanpa Pembatas

Rayakan Hari Raya Idulfitri, Muslim Italia Tanpa Pembatas

Ribuan jemaah Kaum muslim di Italia bergabung dengan para pemimpin Kristen, dan pejabat tinggi untuk menandai akhir Ramadan untuk merayakan Idulfitri tanpa pembatasan Covid hal ini dilaporkan Arab NewsSenin (2/5/2022).

Salah satu pertemuan terbesar kaum muslim berlangsung di ibu kota Sisilia Palermo, tempat banyak orang dari seluruh pulau berkumpul dan bebas dari pembatasan Covid-19. Mereka berdoa di Foro Italico, satu kawasan pejalan kaki panjang yang terletak di antara laut dan Gunung Pellegrino.

Jemaah mulai berdatangan saat fajar untuk berdoa bersama dan sajadah mereka segera menutupi ruang hijau yang luas.

“Kami sangat berharap Idulfitri ini pasti akan menandai kelahiran kembali yang nyata bagi kita semua setelah bertahun-tahun pandemi,” kata Youssef El-Hayek, yang berasal dari Lebanon, kepada Arab News pada akhir doa.

“Berkat situasi yang membaik banyak di komunitas kami sudah berpikir untuk mengatur ziarah ke Makkah sesegera mungkin, sesuatu yang sudah lama tidak kami lakukan,” tambahnya.

Wali kota Leoluca Orlando, mengambil bagian dalam doa dan mengucapkan terima kasih kepada komunitas Islam atas dukungan yang diberikannya setiap hari kepada Palermo dan untuk kesejahteraan semua orang yang tinggal di sini.

“Tidak soal apa budaya atau agama mereka. Keragaman dan keramahan adalah hidangan khas kota kami dan kami bangga karenanya,” ujarnya.

Berbicara setelah salat, yang dipimpin oleh Imam Masjid Piazza Gran Cancelliere Mustafa Boulaalam, Orlando menambahkan: “Anda dari Palermo sama seperti saya. Dan Anda membuat kota ini lebih baik dengan kontribusi Anda.”

Acara besar lainnya terjadi di Roma, di mana kerumunan besar Muslim bergabung di halaman Masjid Agung oleh delegasi wali kota kota.

Di Naples, acara terbesar adalah di Piazza Garibaldi, alun-alun yang baru saja dipugar di depan stasiun kereta api utama di ibu kota Italia selatan.

“Kami sangat mengklaim milik kami atas tanah yang indah ini dan khususnya kota Napoli ini, yang memiliki sejarah panjang penyambutan dan persaudaraan. Di sini kita benar-benar merasakan integrasi. Saya sangat senang bahwa banyak orang Napoli datang ke sini untuk menghadiri doa kami, untuk berbagi momen penting ini bagi kami,” ujar Imam Massimo Cozzolino.

Di Turin, ribuan Muslim berkumpul di Parco Dora, area hijau yang luas di pinggiran kota industri.

Uskup Agung Katolik Cesare Nosiglia dan Wali Kota Stefano Lorusso bergabung Mereka melakukan doa bersama, yang didedikasikan untuk perdamaian dan mereka yang menderita akibat perang di tempat-tempat seperti Suriah.

“Saya berharap awal yang baik untuk semua orang Turin yang beragama Islam,” kata Lorusso kepada orang banyak.

Sementara Uskup Agung Katolik Cesare Nosiglia mengatakan musim baru terbuka di kota Turin dan semua pihak akan memainkan peran besar di dalamnya.

Nosiglia mendesak kaum Muslim dan Kristen untuk melakukan apa pun yang mungkin setiap hari dalam memberantas setiap benih kebencian dan kekerasan dan sebagai gantinya menumbuhkan benih persaudaraan universal.

Sumber: ibadah.co.id

Must Read

Perayaan 60 Tahun PWRI Usung Semangat Kebangkitan

Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) tahun ini akan memasuki usia 60 tahun. Dalam rangka perayaan ulang tahun PWRI yang ke-60, PWRI akan mengadakan rangkaian...

Rencana Kegiatan HUT PWRI 60 Tahun 2022

Rapat Panitia HUT PWRI 60 Tahun 2022 pada Selasa (21/6/2022) di Kantor PB PWRI, Graha Wredatama, Jakarta Selatan menghasilkan beberapa poin penting. Salah satunya...

Ketua PWRI Wonosobo: Pensiunan ASN Wonosobo Wajib Gabung PWRI

Seluruh pensiunan ASN Wonosobo wajib bergabung di organisasi Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI). Hal tersebut didasari salah satu hasil Musyawarah Nasional (Munas) PWRI tingkat...

Wawali Terima Kunjungan PWRI Gorontalo

Wakil Wali (Wawali) Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, menerima kunjungan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Gorontalo, Kamis(16/6/2022) di ruang rapat Bantaya Kantor...