Home Artikel Tiga Tahap Pengusaha Sukses?

Tiga Tahap Pengusaha Sukses?

Peristiwanya terjadi pada Musim Dingin (Winter Season) di Kampus Duke University, di Kota Durham, Provinsi Carolina Utara. Fakultas Bisnis, kedatangan Ahli Bizness Strategy (Strategi Bisnis), Prof. DR. Glen Jenkins, dari Harvard Institute For International Development (HIID).

Beliau berbicara dengan judul “The Three Stages of a Sucsesfull CEO (Chief Executive Officer”), (“Tiga Tahap yang harus dilakukan oleh seorang Direktur Utama agar Sukses”). Penulis memperoleh kesempatan untuk duduk memperoleh kuliah tamu dari Prof. DR. Glen Jenkins.

Beliau menyampaikan Tiga Tahap Yang Harus Di Jalankan Oleh Seorang Direktur Utama Yang Sukses. Pertama, dia tahu apa yang harus diproduksikan (Know, what are The Product?)”. Kalau sang Direktur Utama tidak tahu apa yang harus diproduksi atau dihasilkan, maka Anda sudah gagal.

Kedua, Anda sebagai Direktur Utama haruslah tahu, bagaimana menjual produk-produk itu, yakni, “Know How to Sell!” Gagal, alias tidak tahu menjual, maka Anda gagal, alias bangkrut!

Setelah kedua tahap itu dilewati dengan berhasil (sukses), maka sang Dirut akan masuk lagi kepada tahap ketiga, yang terakhir, yakni sang Dirut tahu betul atau yakin bahwa perusahaannya meraup untung! Jadi, sang Dirut tahu betul bagaimana memperoleh untung (Know how to make profits).

Apabila sang Dirut itu, pertama tahu betul, apa yang harus diproduksi. Kedua, tahu betul bagaimana membuat produk itu! Dan, Terakhir Tahap Ketiga, bisa menjual dan menghasilkan untung! Itulah kriteria menjadi seorang Dirut perusahaan yang sukses!

Barangkali menurut hemat penulis, Badan Pusat Statistik (BPS) akan bisa menerbitkan jumlah pengusaha-pengusaha yang sukses, pada sektor-sektor dimana mereka berkiprah.

Dengan adanya Statistik Pengusaha-pengusaha yang sukses pada setiap sektor, yang diterbitkan oleh BPS Insya Allah hal seperti ini akan memicu banyak pengusaha untuk menjadi Pengusaha Sukses.

Semogalah hal ini dapat menjadi kenyataan. Dengan semakin bertambah banyaknya pengusaha sukses, maka semakin banyak orang-orang kaya di NKRI! Dan Insya Allah, Alhamdulillah NKRI berubah menjadi negara maju di dunia. Dan pada gilirannya investor sedunia akan datang meramaikan Bursa Efek Indonesia. Serta banyak juga yang akan berinvestasi langsung di pelbagai sektor ekonomi.

Sumber: sinarharapan.co

 

Must Read

Perayaan 60 Tahun PWRI Usung Semangat Kebangkitan

Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) tahun ini akan memasuki usia 60 tahun. Dalam rangka perayaan ulang tahun PWRI yang ke-60, PWRI akan mengadakan rangkaian...

Rencana Kegiatan HUT PWRI 60 Tahun 2022

Rapat Panitia HUT PWRI 60 Tahun 2022 pada Selasa (21/6/2022) di Kantor PB PWRI, Graha Wredatama, Jakarta Selatan menghasilkan beberapa poin penting. Salah satunya...

Ketua PWRI Wonosobo: Pensiunan ASN Wonosobo Wajib Gabung PWRI

Seluruh pensiunan ASN Wonosobo wajib bergabung di organisasi Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI). Hal tersebut didasari salah satu hasil Musyawarah Nasional (Munas) PWRI tingkat...

Wawali Terima Kunjungan PWRI Gorontalo

Wakil Wali (Wawali) Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, menerima kunjungan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Gorontalo, Kamis(16/6/2022) di ruang rapat Bantaya Kantor...